Supply Alkes, Supplier Alkes Terlengkap dengan harga bersaing

Kami menyediakan supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, elektrik engineering terlengkap dengan harga sangat bersaing. Kami melayani penjualan retail dan partai besar.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp 08122011619,
email: himawanucep@yahoo.com
website: supplyalkes.blogspot.com.

Kamis, 18 April 2013

Perdagangan Ilegal Unggas Bisa Jadi Pintu Masuk Flu Burung ke Indonesia

Jakarta, Flu burung masih menjadi ancaman. Hingga saat ini strain baru virus flu burung H7N9 seperti yang ditemukan di China belum ditemui di Indonesia. Namun kewaspadaan tak boleh dilonggarkan. Pintu-pintu masuk flu burung seperti perdagangan ilegal unggas jangan diberi celah.

"Saya yakin ini (adanya flu burung) karena ilegal trading sehingga unggas yang masuk ke Indonesia tidak disertifikasi sehat dan bebas dari penyakit. Kalau pakai jalur legal pasti pakai prosedur resmi," ujar Sekretaris Komnas Pengendalian Zoonosis, Dr Emil Agustiono.


Hal itu disampaikan dia dalam Avian Flu and Disaster Preparedness Workshop for Journalist di Hotel Horison, Jl Pakuan, Bogor, Jawa Barat, seperti ditulis pada Senin (8/4/2013).


Menurut Emil, sangat mungkin kasus flu buru yang dulu maupun yang strain baru masuk ke Indonesia dan jumlahnya meningkat. Hal ini terjadi bila masyarakat tidak mendapat pemahaman tentang flu burung yang baik dan bila ada pihak-pihak yang tidak mau tahu.


"Flu burung strain baru bisa naik jika ada perubahan iklim atau musim, kurang menjaga kebersihan, tidak memakai masker atau sarung tangan saat menangani unggas," sambung pria berkacamata ini.


Sekretaris Komnas Pengendalian Zoonosis yang terdiri dari 17 kementerian juga menaruh perhatian besar pada kasus flu burung di China. Diharapkan aksi bersama 17 kementerian tersebut bisa mencegah sejak dini maupun menangani jika ditemukan kasus flu burung di Tanah Air.


"Jadi melalui Kemenkes dengan kantor kesehatan di pelabuhan bisa memperketat kesehatan unggas yang masuk. Kementerian lainnya bisa menghentikan impor. Tapi yang jelas masyarakat jangan khawatir namun terus meningkatkan kewaspadaan," ucap Emil.


Nah, jika Anda menengarai ada perdagangan unggas ilegal segera laporkan pada pihak berwenang. Pun jika unggas Anda mati mendadak, segera cek ke petugas kesehat. Demikian pula jika Anda mengalami flu, segeralah periksa ke dokter lantaran flu burung memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa.






Sumber Detik




Alat Laboratorium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar