Supply Alkes, Supplier Alkes Terlengkap dengan harga bersaing

Kami menyediakan supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, elektrik engineering terlengkap dengan harga sangat bersaing. Kami melayani penjualan retail dan partai besar.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp 08122011619,
email: himawanucep@yahoo.com
website: supplyalkes.blogspot.com.

Rabu, 10 April 2013

Gejala Kanker Paru Juga Bisa Kelihatan dari Suasana Hati

Jakarta, Kanker, khususnya di paru-paru tidak hanya berdampak secara fisik tetapi juga mempengaruhi kejiwaan. Oleh karenanya, ada banyak tanda-tanda tersembunyi yang jarang dikenali tetapi terbukti sering berhubungan dengan kanker paru-paru.

Pertengahan tahun lalu, sebuah penelitian mengungkap bahwa sebagian pasien kanker paru baru terungkap penyakitnya setelah dirujuk dari klinik kejiwaan. Meski awalnya terabaikan, penelitian yang dimuat di International Journal of Cancer ini akhirnya banyak menyedot perhatian.

Selama 10 tahun, para peneliti mengamati lebih dari 4 juta orang dewasa di Denmark. Dari hasil pengamatan tersebut, banyak orang yang datang ke klinik kejiwaan untuk pertama kalinya ternyata memiliki keluhan yang berhubungan dengan kanker paru.

"Penelitian kami menunjukkan pentingnya pemeriksaan fisik menyeluruh pada pasien dengan gejala psikiatri yang pertama kali dialami," kata Michael E Benros, MD yang melakukan penelitian ini seperti dikutip dari Healthy Living, Selasa (2/4/2013).

Menurut penelitian ini, 1 dari 54 pasien dengan gangguan mood atau suasana hati terbukti mengidap kanker ganas dalam setahun berikutnya. Di kelompok usia 50-64 tahun, jumlahnya mencapai 4 kali lipat dan yang berhubungan dengan tumor otak meningkat 37 kali.

Salah satu yang paling sering ditemukan, dan paling menyedihkan, adalah kanker paru bukan sel kecil (non-small cell lung cancer) yang sering tidak terdiagnosis hingga stadium 2-4. Jenis kanker ini paling sering mengalami metastasis atau menyebar ke otak.

Beberapa gejala kanker paru yang sering diabaikan, sebagian berhubungan dengan kejiwaan dan suasana hati, seperti terungkap dalam penelitian tersebut adalah sebagai berikut.
1. Batuk tak sembuh-sembuh dan suara serak
2. Nyeri dada yang dalam saat batuk dan tertawa
3. Sesak napas dan bengek
4. Dahak warna merah, seperti karat, atau disertai darah
5. Sering infeksi, seperti pneumonia atau bronkitis
6. Ujung jari menebal atau terasa sakit (karena pertumbuhan tulang yang tidak normal)
7. Berat badan dan nafsu makan turun
8. Pertumbuhan payudara yang tidak normal pada laki-laki
9. Mood swing, depresi pada orang yang sebelumnya jarang stres
10. Cepat tersinggung dan marah.


Sumber Detik


Alat Laboratorium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar