Supply Alkes, Supplier Alkes Terlengkap dengan harga bersaing

Kami menyediakan supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, elektrik engineering terlengkap dengan harga sangat bersaing. Kami melayani penjualan retail dan partai besar.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp 08122011619,
email: himawanucep@yahoo.com
website: supplyalkes.blogspot.com.

Rabu, 17 April 2013

5 Pertanyaan yang Wajib Disampaikan Bila Menemui Dokter

Jakarta, Sudah bukan masanya lagi pasien merasa canggung saat berhadapan dengan dokter baik di tempat praktik maupun di kesempatan lain. Ada banyak topik menarik untuk didiskusikan, atau sekadar menyampaikan pertanyaan ringan soal kesehatan.

Beberapa pertanyaan ringan namun sangat bermanfaat yang bisa disampaikan ke dokter antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari ABC News, Jumat (5/4/2013).


1. Apa itu indeks massa tubuh?
Indeks massa tubuh (IMT) atau body mass index (BMI) adalah pergandingan antara berat dan tinggi badan, yang dipakai untuk menentukan status kegemukan. Penting untuk mengetahui apakah nilai IMT masing-masing mengalami kenaikan, stabil atau malah menurun. Berbagai risiko penyakit bisa diamati dari perubahan-perubahan tersebut.


2. Tes kesehatan apa saja yang penting saya lakukan?
Ada banyak yang berubah tentang standar pemeriksaa kesehatan, sehingga tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter. Tes darah misalnya, dahulu wajib dilakukan secara rutin sekarang tidak perlu terlalu sering. Rekomendasi tentang skrining kanker payudara, serviks (leher rahim) dan prostat juga banyak berubah. Jangan sungkan, tanyakan ke dokter tes apa saja yang penting dilakukan.


3. Apa saya butuh imunisasi?
Imunisasi dan vaksinasi bukan hanya untuk anak-anak. Ada kurang lebih 14 vaksin yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Sebagian orang dewasa membutuhkan semuanya, sebagian lagi hanya butuh beberapa. Untuk melindungi diri dari berbagai risiko infeksi, ada baiknya bertanya pada dokter jenis vaksinasi apa saja yang dibutuhkan berdasarkan faktor risikonya.


4. Adakah riwayat keluarga yang harus diwaspadai?
Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta dokter mendaftar dan rangkuman riwayat keluarga, terkait riwayat sakit dan sebagainya. Tidak sulit bagi dokter untuk melakukannya karena ada daftar pertanyaan untuk memudahkannya. Setelah itu, tanyakan dari daftar tersebut mana saja yang harus diwaspadai.


5. Kalau mau mengubah gaya hidup, harus bagaimana?
Kunci hidup sehat adalah pada perilaku yang sehat, bukan pada tes kesehatan yang invasif yang tidak perlu. Diskusikan ke dokter, minta nasihat bagaimana caranya agar bisa lebih rajin olahraga, makan lebih sehat, berhenti merokok, tidur berkualitas dan mengontrol stres. Kalau hanya datang untuk periksa saja dan tidak pernah mendiskusikan hal tersebut, pergi ke dokter tidak akan bikin sehat begitu saja.





Sumber Detik




Alat Laboratorium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar