Supply Alkes, Supplier Alkes Terlengkap dengan harga bersaing

Kami menyediakan supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, elektrik engineering terlengkap dengan harga sangat bersaing. Kami melayani penjualan retail dan partai besar.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp 08122011619,
email: himawanucep@yahoo.com
website: supplyalkes.blogspot.com.

Rabu, 27 Maret 2013

Perlukah Minum Obat Cacing 6 Bulan Sekali?

Jakarta, Sama halnya dengan periksa ke dokter gigi, dokter biasanya juga menganjurkan untuk minum obat cacing 6 bulan sekali. Namun sudah tepatkah anjuran tersebut?

"Bisa dibilang tepat (minum obat cacing 6 bulan sekali) pada orang-orang yang berisiko kena, terutama di masyarakat kumuh karena angka kejadian cacingan cukup tinggi," tutur DR Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan dari Divisi Gastrologi RSCM, saat berbincang dengan detikHealth, Senin (18/3/2013).

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), DR Ari mengatakan angka kejadian cacingan pada masyarakat kumuh di Jakarta cukup tinggi, yakni mencapai 40-45 persen.

Pada pemeriksaan feses dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa banyak masyarakat yang membawa telur cacing di dalam tubuhnya. Maka anjuran minum obat cacing 6 bulan sekali pun dirasa masih tepat diberikan pada golongan masyarakat yang berisiko.

"Pada masyarakat yang berisiko, seperti yang tinggal di pinggir kali, itu (minum obat cacing 6 bulan sekali) sebagai upaya pencegahan," lanjut dokter kelahiran Jakarta, 19 Juni 1966 ini.

Namun bila gaya hidup seseorang sudah dirasa bersih, anjuran minum obat cacing bisa diubah menjadi setahun sekali. Misalnya pada orang-orang yang hidup di kota, dengan lingkungan lebih banyak aspal, kejadian cacingan memang lebih rendah.

Tapi sebagai upaya pencegahan, bila ingin minum obat cacing 6 bulan sekali pun tak ada efek sampingnya. Menurut DR Ari, dosis obat cacing tergolong tunggal, sehingga tidak akan terjadi masalah berat setelah minum obat cacing meski tidak terdapat cacing di dalam tubuhnya.

"Kalau hidupnya sudah bersih, mau minum 6 bulan sekali juga tidak masalah. Ya paling mencret sedikit setelah minum obat, tapi itu hanya dosis tunggal, tidak masalah. Rekomendasi 6 bulan itu untuk proteksi terutama pada orang-orang yang berisiko," tutup DR Ari.

(mer/up)

Konsultasi Spesialis Saraf (SpS)

Konsultasi Spesialis Saraf (SpS)

RSU Balung Jl. Rambipuji No. 19 Jember Tel:0331-621017/ 621595



Sumber Detik



Info Alkes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar